Rangkuman IPA Kelas VII Semester 2 (KTSP)


Rangkuman IPA Kelas VII Semester 2
berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006

Ciri-Ciri Makhluk Hidup
  1. Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan makhluk mati.
  2. Makhluk hidup disebut juga organisme.
  3. Ciri ciri makhluk hidup adalah:
    1. Bernapas ( Respirasi )
    2. Tumbuh dan berkembang
    3. Berkembang biak
    4. Mengeluarkan zat sisa
    5. Adaptasi
    6. Iritabilitas
    7. Makan
  4. Bernapas
    1. Bernapas adalah menghirup oksigen untuk oksidasi ( pembakaran makanan ) yang pada akhrinya menghasilkan Karbon Dioksida ( CO2 ) , Air ( H2O) dan energi .
    2. Kegiatan bernapas adalah penguraian makanan .
    3. Tujuan bernapas adalah menghasilkan energi dengan membakar makanan supaya menjadi energi .
    4. Pernapasan berlaku untuk semua makhluk hidup dan kapanpun (siang dan malam)
    5. Macam macam alat pernapasan makhluk hidup
      1. Mamalia reptile : Paru paru
      2. Ikan : Insang
      3. Katak Muda : Insang
      4. Amphibi : Paru paru
      5. Burung : Paru paru juga dibantu pundi pundi udara
      6. Cacing tanah : Kulit
      7. Tumbuhan bernapas dengan stomata (mulut daun), lentisel (stomata yang ada di batang) dan akar napas dan tunjang
    1. Alur pernapasan adalah: Hidung >> Tenggorokan >> Paru-paru ( bronkus >>  bronkiolus >> alveolus )
  1. Fotosintesa / asimilasi
    1. Fotosintesis adalah proses memasak makanan pada tumbuhan hijau ( penyusunan )
    2. Fotosintesa bertujuan untuk memasak makanan.
    3. Fotsintesa terjadi pada siang hari saat ada sinar matahari , walaupun pada siagn hari , namun pernapasan pada tumbuhan tetaplah sepanjang hari dan malam.
    4. Syarat fotosintesis adalah adanya CO2, H2O, sinar matahari, dan klorofil.
  1. Tumbuh dan berkembang.
    1. Tumbuh adalah bertambah volume / ukuran makhluk hidup (dan bersifat kuantitatif = dapat dihitung )
    2. Berkembag adalah proses makhluk hidup menuju kedewasaan yang dipengaruhi beberapa factor (dan bersifat kualitatif = tidak dapat dihitung)
    3. Pada tumbuhan , pertumbuhan (kecepatannya) dapat diukur dengan alat yang disebut auksanometer (busur tumbuh) dengan membandingkan kecepatan tumbuh beberapa plant secara bersamaan.

  2. Berkembang biak
    1. Adalah memperbanyajk diri untuk mempertahanakan kelestarian jenisnya .
    2. Perkembang biakan dibedakan atas dua yaitu
      1. Secara kawin (generatif) (perkembangbiakan yang melibatkan sel telur dan sel sperma)
      2. Secara tidak kawin (vegetatif) (perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel telur dan sel sperma)
  1. Mengeluarkan zat sisa ( ekskresi )
    1. Zat sisa yang ada dalam tubuh haruslah dikeluarkan supaya tidak menjadi racun di dalam tubuh
    2. Zat sisa tersebut dapat berupa gas , cairan dan padat
    3. Pda tumbuhan berupa stomata dan lentisel berupa CO2 yang dapat lagi digunakan sebagai bahan fotosintesa
    4. Pada manusia , terdapat berbagai macam alat ekskresi seperti
      1. Kulit mengeluarkan keringat
      2. Paru-aru mengeluarkan CO2
      3. Ginjal mengeluarkan air seni
      4. Anus mengeluarkan feses atau tinja
  1. Iritabilitas dan gerak
    1. Iritabilitas adalah kemampuan menghadapi rangsang pada makhluk hidup. Rangsangan tadi dapat berupa cahaya , suh , air , sentuhan dan bau    dan makanan
    1. Gerak adalah perpindahan sebagian / seluruh bagian tubuh makhluk hidup/ Gerak dibedakan menjadi dua yaitu :
      1. Gerak aktif : gerak yang dilakukan yang mengharuskan ada perpindahan secara signifikan (hewan).
      2. Gerak pasif : gerak yang dilakukan tanpa harus ada perpindahan secara signifikan ( tumbuhan).
  1. Makan
    1. Semua makhluk hidup butuh makan
    2. Tumnuhan untuk makanan nya butuh zat anorganik yaitu zat yang tak dapat dipecah lagi seperti CO2 , dan H2O.
    3. Sedangkan makhuk hidup lain butuh zat organic yaitu zat yang dapat dipecah lagi seperti       C6H12O6(Glukosa ) dan Vitamin
  2. Adaptasi adalah penyesuaian diri makhluk hidup terhadap perubahan lingkungannya.. Contoh contoh bentuk adaptasi dengan lingkungan adalah :
    1. Jari jari kaki itik berselaput dengan tujuan menyesuaikan dengan lingkungan hidup yang berair
    2. Akar napas tumbuhan bakau adaptasi dengan lingkungan pantai yang kurang O2
  1. Metabolisme adalah rekasi yang terjadi pada tubuh makhluk hidup
    1. Anabolisme adalah reaksi penyusunan makanan dari bahan anorganik menjadi organic seperti pada tumbuhan lewat fotosintesa
    2. Katabolisme adalah reaksi penguraian / perombakan dari bahan organic ( C6H12O6 / Glukosa ) menjadi bahan anorganik ( H2O dan Energi ) pada respirasi
  2. Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup .
  3. Gejala lam biologi adalah perubahan yang terjadi karena dipengaruhi makhluk hidup
  4. Gejala biotic adlah gejala yang terjadi pada mahkluk hidup
  5. Gejala abiotik adalah gejala yang terjadi pada makhluk mati .
  6. Dalam mempemudah pembelajaran biologi , maka biologi dipecah menjadi beberapa cabang biologi
  7. Tahap tahap metode ilmiah adalah:
    1. Melakukan pengamatan
    2. Merumuskan mmasalah
    3. Menyusun hipotesa
    4. Merancang dan melakukan experiment
    5. Menyusun kesimpulan
    6. Mempublikasikan hasil penelitian
  8. Sikap yang dimiliki peneliti adalah
    1. Jujur pada fakta
    2. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
    3. Teliti dalam penelitian
    4. Objektif bedasarkan penelitian
  9. Hasil pegamatan harus disampaikan secara objektif dan kuantitatif
  10. Mikroskop dibuat oleh Robert Van Leuwenhoek pada 1600-an untuk memperbesar bayangan suatu benda
  11. Tata cara menggunakan mikroskop
    1. Membawa mikroskop
      1. Keluarkan dengan hati hati
      2. Pegang lengan dengan tangan kanan dan kaki dengan tangan kiri
      3. Letakan mikroskop di depan perut dan tegak
    1. Mengemas mikroskop
      1. Kembaliakan lensa obyektif pada perbesaran terlemah dan lepaskan preparat
      2. Bersihkan lensa dengan kertas lensa dan bagian lain dengan lap flannel
      3. Preparat dilap dengan lap katun
      4. Tegakkan kembali mikroskop
  1. Obyek amatan
    1. Obyek pengamatan disebut preparat
    2. Preparat yang dibuat sendiri disebut preparat basah
    3. Preparat yang diawetkan disebut preparat awetan
      1. Herbarium adalah awetan tumbuhan
      2. Insectariums adalah awetan serangga
    1. Preparat awetan ada yang disusun di rak atau dilarutkan didalam sebuah larutan pengawetan
    2. Cara membuat preparat basah sederhana adalah
      1. Menyayat setipis mungkin secara melintang atau membujur
      2. Diletakkan diatas kaca preparat
      3. Ditutup dengan decker glass (kaca penutup)
      4. Larutan Iodin digunakan supaya preparat tidak mengering
      5. Metilen blue digunakan untuk mebedakan bacteria dan microorganisme
  1. Keselamatan kerja di lab sangatlah penting untuk menghindari kita dari kecelakaan yang bias membahayakan keselamatan diri kita sendiri
  2. Langkah langkah keselamatan kerja contohnya adalah :
    1. Penyimpanan bahan mudah menguap di botol kaca
    2. Kontak langsung dengan bahan kimia dihindari
    3. Jauhkan zat api dan spirtus dari bahan mudah terbakar
    4. Membilas bagian yang terkena zat kimia
    5. Membaui uap zat kimi dengan mengibaskan dengan telapak tangan uap zat ke hidung
    6. Memanaskan zat dalam tabung ke arah lain
Gerak Lurus dan Gerak Lurus Berubah Beraturan
  1. Gerak lurus
    1. Gerak bersifat relative maksudnya adalah gerak yang dilihat dari titik acuan ,maka selama tidak bergerak dari titk acuan maka benda dinyatakan tidak bergerak
    2. Gerak semu adalah gerak sebuah obyek yang sebenarnya tidak bergerak namun kitalah yang bergerak
    3. Gerak lurus adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus
    4. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda
    5. Perpindahan adalah perubahan kedudukan dari titik awal
    6. Maka jarak adalah besaran scalar yang berarti memiliki besar dan tidak memiliki arah dan perpindahan adalah besaran vector yang berarti memiliki besar dan arah .
    7. Kelajuan sebuah benda menyatakan besar kecepatan benda tanpa meninjau arah peprindahan
    8. Kecepatan merupakan jarak yang ditempuh sebuah benda tiap satuan waktu
    9. Kecepatan adalah kelajuan beserta arah gerak
    10. Rumus kecepatan adalah jarak/waktu atau  v = s/t
    11. GLB adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dan kecepatannya tetap. Fenomena GLB sulit dijumpai karena berlangsung sesaat.
    1. GLBB adalah gerak suatu benda yang lintasan berupa garis lurus dan kecepatan berubah secara teratur. Fenomena GLBB dapat dilihat pada benda yang jatuh dan kereta yang direm.
    1. Ticker timer adalah alat alat yang menghasilkan ketikan dalam menentukan jenis gerak lurus
      1. GLB =  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
      2. GLBB dipercepat = ... . . .  .  .  .   .   .   .    .    .    .
      3. GLBB diperlambat=.    .    .    .   .   .   .  .  .  . . . ….
    1. Percepatan adalah perubahan kecepatan tiap waktu yang diperlukan untuk berubah. Mempunyai rumus a =  ( v1 – v0 ) / t

Organisasi Kehidupan
1. Sel adalah unit terkecil dari kehidupan
2. Orang yang pertama kali menemukan sel adalah Robert Hooke
2. Sel tersusun dari :
a) Membran sel : Pelindung sel dan pengatur keluar masuk zat dari dan ke dalam sel. Bersifzt semi permabel ,hanya dapat dilalui oleh zat zat tertentu .
b) Sitoplasma : ( cairan yang mengisi sel ) untuk tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel .
c) Organel :
i. Intisel : Pusat pengatur kegiatan sel
ii. Ribosom:Sintesis protein
iii. Retikulum endoplasma : menyusun dan menyalurkan zat zat ke dalam sel
iv. Komplek golgi : Alat pengeluaran (sekresi ) protein dan lendir , sisa metabolisme , maka ia disebut  organel sekresi .
v. Mitokondria : penghasil energi .
vi. Plastida : ( plastida yang mengandung pigmen klorofil = kloroplas , yg berfungsi u/ fotosintesis )
vii. Libosom : mencerna zat yang masuk ke dalam sel
viii. Vakuola : vakuola kontraktil/berdenyut = alat pengeluaran u/membuang sisa dari dalam sel
3. Perbedaaan sel hewan dan tumbuhan
Keterangan
Hewan
Tumbuhan
Dinding sel
X
V
Plastida
X
V
Vakuola
kecil
besar
Sentriol
V
X
Lisosom
V
X

Pada sel tumbuhan , diluar( dinding sel ) terdapat lapisan keras dari serat selulosa  yaitu pada  dinding sel  sehingga sel tumbuhan  kaku .

Manusia , tumbuhan dan hewan adalah organisme  multiseluler , yaitu tersusun atas banyak sel
4. Jaringan adalah kelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama
5. Di tumbuhan , terdapat beberapa jaringan antara lain :
a) Jaringan pelindung : jaringan yang terdapat pada tepi untuk menutupi organ tumbuhan
i. Epidermis
ii. Jaringan gabus
b) Jaringan pengisi ( parenkima ) :jaringan yang mengisi berbagai organ /jaringan lain
c) Jaringan penguat : penguat tubuh tumbuhan
i. Kolenkima
ii. Skeleren kima
d) Jaringan kambium ( terdapat di antara xylem dan floem ) :membuat batang terus bertambah besar
e) Jaringan pengangkut
i. Xylem : mengangkut air dan garam mineral dari dalam tanah melalui akar ke seluruh tubuh tumbuhan
ii. Floem : mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan .
f) Jaringan meristem : pada pucuk , aktivitasnya selalu membelah diri , sehingga                tumbuhan bertambah tinggi

6. Di hewan terdapat beberapa jaringan anatara lain :
a) Jaringan meristematik :  jaringan yang selalu membelah diri
b) Jaringan syaraf :
i. yang menerima rangsang : sensorik
ii. Mengantarkan rangsang dan menyampaikan pesan dari pusat syaraf : motorik
c) Jaringan otot :
i. Otot polos
ii. Otot Lurik
iii. Otot jantung
d) Jaringan epitelium : jaringan yg menutupi jaringan lain
i. Epidermis             ii. Endodermis
e) Jaringan ikat : jaringan yg menghubungkan jaringan yang satu dgn jaringan lain
i. Biasa
ii. Khusus
iii. Penyokong
iv. Penghubung
7. Perbedaan antara otot polos , otot jantung dan otot lurik
Hal
Otot Jantung
Otot Polos
Otot Lurik/Rangka
Bentuk
Silindris
Bercabang
Memanjang
Gelendong
Slindris
Memanjang
Letak inti sel
Tengah
Tengah
Tepi / Pinggir
Jumlah inti
Banyak
Satu
Banyak
Terdapat pada
Jantung
Saluran :
a)        Cerna
b)        Respirasi
c)        Kelamin
d)        Pembuluh darah
90 % terdapat pada rangka
Cara kerja
Otot tidak sadar
Otot tidak sadar
Otot sadar

8. Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang membentuk suatu kesatuan fungsi tubuh tertentu .
9. Pada tumbuhan terdapat tiga organ utama , antara lain :
a)        Akar , untuk meyerap air dam mineral , juga penegak dan pernapasan .Pada ujung akar terdapat  kaliptra  yang berfungsi sebagai  tudung akar ,melindungi akar saat menembus tanah supaya tidak rusak .
b)        Batang , untuk menunjang tumbuhan , cadangan makanan , tempat tumbuhnya daun dan bunga , juga mengankut hasil  fotosintesis dan air dan mineral
c)        Daun , dapat untuk berfotosintesis ( membuat makanan sendiri ) kaena memeliki jaringan palisade dan kloroplas yang mengandung klorofil .
10. Pada manusia , terdapat berbagai macam organ , antara lain :
a)        Otak
b)        Tangan
c)        Mulut
d)        dsb
11. Sistem organ adalah organ - organ yang memiliki fungsi yang sama , dan saling membentuk sistem organ .  Contohnya adalah :
a)        Sistem pencernaan yang terdiri dari
i.           Mulut-kerongkongan-lambung-usus halus-usus besar-anus
b)        Sistem pernapasan
i.           Hidung-tenggorokan-batang tenggorok-bronkus-bronkiolus-paru-paru-alveolus
c)        Sistem ekskersi( pengeluaran )
i.           Ginjal-sal.ginjal-kandung kemih-sal.urin
a)        Di ginjal , darah mengalami penyaringan,jadi terbebas dari kotoran yang berupa urine .
ii.         Pau-paru , kulit , hati dan anus
d)        Sistem transportasi / pengangkutan
e)        Sistem gerak
f)          Sistem syaraf
12. Organisme terbentuk dari kumpulan / beberapa sistem organ .
13. Tingkatan organisme adalah ...
a)        Individu ( satuan makhluk hidup terkecil yg terdiri dari beberapa sistem organ yang bekerja sama )
b)        Populasi ( kumpulan makhluk hidup sejenis yang menempati area tertentu )
c)        Komunitas ( gabungan beberapa populasi di suatu area tertentu )
d)        Ekosistem ( gabungan beberapa komunitas )
e)        Biosfer ( segala macam bentuk kehidupan di muka bumi )


EKOSISTEM
1.      Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
2.      Individu adalah makhluk hidup tunggal .Contohnya adalah satu ekor ayam , dan satu tanaman cabai .
3.      Populasi adalah kumpulan individu . Contohnya adalah 10 ekor ayam dan 2 tanaman cabai .
4.      Komunitas adalah kumpulan beberapa populasi yang menempati sautu area tertentu .
5.      Dapat dikatakan bahwa ekosistem beranggotakan biotic dan abiotik sedangkan komunitas hanya beranggotakan biotic .
6.      Contoh komunitas
a.     Disebuah sawah  , terdapat 2 ekor ayam  , 1 ekor ular , 200 tanaman padi dan 5 buah batu . Sawah itu memiliki panjang 20 m dan lebar 10 m
b.     Maka ,dalam komunitas sawah itu dapat dikatakan bahwa
                                                                           i.      Terdapat 2 populasi di sawah
1.      Ayam ( 2 ekor )
2.      Padi ( 200 tanaman )
                                                                         ii.      Terdapat  1 buah individu
1.      Individu ular ( 1 ekor )
c.     Kepadatan populasi komunitas tersebut dapat dirumuskan dengan : banyaknya individu/ luas komunitas
                                                                           i.      Kepadatan populasi ayam
1.      2 ekor ayam / ( 20m*10m) = 1 ekor/100m2
                                                                         ii.      Kepadatan populasi padi
1.      200 tanaman padi/ (20m*10m) = 1 tanaman padi/100m2
7.      Habitat adalah tempat tinggal /hidup yang paling sesuai dengan makhluk hidup ( tersebut ).
a.     Habitat menyediakan makanan dan tempat tinggal
8.      Nisia ( relung ) adalah peranan makhluk hidup dalam sebuah habitat
a.     Nisia terbentuk untuk menghindari kompetisi antar spesies
9.      Habitat sebagai alamat organisme dan nisia sebagai pekerjaan organisme
10.  Suatu ekosistem terdiri atas 2 unsur yaitu :
a.     Biotik
                                                                           i.      Produsen
1.      Produsen adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan bahan organic dari bahan an organic .
2.       
a.     Proses produksi hanya dapat dilakukan oleh organisme ( tumbuhan ) yang memiliki klorofil dengan cara fotosintesis
b.     Tumbuhan hijau tadi juga dapat disebut sebagai organisme autotrof yaitu yang dapat membuat makanannya sendiri dengan fotosintesis atau kemosintesis


                                                                         ii.      Konsumen ( pemakan ) . Organisme konsumen adalah hewan dan organisme lain tak berklorofil . Mereka diberi julukan heterotrof yaitu tidak dapat membuat makanan sendiri atau tidak dapat mengolah zat an organic menjadi zat organic . Maka mereka harus memakan organisme lain untuk mendapat makanan
1.      Konsumen bergnatung pada produsen karena konsumen tidak dapat mengolah zat an organic menjadi zat organic
2.      Di dalam tubuh konsumen , zat organic diubah lagi menjadi zat organic lain yang sesuai dengan kebutuhan , namun pada ujungnya menjadi anorganik lagi .
3.      Konsumen sendiri dapat diklasifikasikan lagi menjadi :
a.     Herbivore yaitu pemakan tumbuhan (konsumen1 )
b.     Karnivor yaitu pemakan daging ( konsumen 2 s/d konsumen puncak )
c.     Predator adalah organisme yang mendapat makanan dengan memburu mangsanya
d.     Omnivor adalah pemakan segala . Predator juga masuk kedalam omnivore
e.     Scavenger adalah hewan yang memakan tubuh hewan lain yang sudah mati . Contoh adalah burung nasar
f.        Detritivor adalah organisme pemakan detritus / serpihan serpihan organisme lain ) Contoh : cacing tnaha rayap dan serangga
                                                                        iii.      Dekomposer
1.      Dekomposer adalah organisme yang mengurai zat organik menjadi zat anorganik lain.
2.      Bangkai dan sampah mengalami pembusukan oleh decomposer
3.      Contohnya adalah bakteri , cacing dan belatung .
b.     Abiotik
                                                                           i.      Ruangan
                                                                         ii.      Tanah
                                                                        iii.      Air
                                                                      iv.      Cahaya matahari
                                                                       v.      Udara
                                                                      vi.       Suhu
                                                                    vii.      Kelembapan
11.  Saling ketergantungan makhluk hidup
a.     Biotik dengan abiotik | Abiotik dengan biotic | Abiotik dengan abiotik | Biotik dengan biotic
b.     Contoh biotic mempengaruhi abiotik
                                                                           i.      Kacang tanah
1.      Bintil bintil akarnya mengandung bakteri Rizhombium yang dapat menangkap Nitrogen dari udara . Sehingga tanah yang ditumbuhi kacang tanah menjadi banyka mengandung Nitrogen dan subur .
                                                                         ii.      Cacing tanah
1.      Cacing tanah adalah detritivor dalam tanah . Saat makan , tanah juga ikut tertelan . Kotoran cacing tanah inilah yang dapat menyuburkan sekaligus menggemburkan tanah .
                                                                        iii.      Contoh biotic mempengaruhi biotic
1.      Antar individu satu spesies
a.     Memperoleh makanan
b.     Berkembang biak
c.     Membuat sarang
2.      Antar individu antar spesies
a.     Rantai makanan , yaitu peristiwa makan dimakan secara sistematis
b.     Jaring jarring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan / proses makan dimakan , yang saling silang dan membentuk jarring-jaring .
                                                                                                                                                   i.      Dalam jarring jarring makanan , peranan decomposer sangat penting . Jika tidak ada dekompser maka zat organic akan tertimbun dan tidak dapat dimanfaatkan produser .
                                                                      iv.      Interaksi antar organisme
1.      Netralisme adalah hubungan yang tidak saling mempengaruhi
2.      Antibiosis adalah interaksi antar organisme dimana salah satu organisme menghasilkan zat antibiotic/racun yang berbahaya bagi organisme lainnya .
a.     Jamur Penicillium yang mengahsilkan zat antibiotic yang menghambat atau mematikan mikroorganisme lainnya
b.     Kamboja dan pohon gamal yang menghasilkan zat aleopati yang dapat mematikan rumput/tumbuhan lain di sekitarnya . Iapun akan berhasil dalam kompetisi mendapat makanan dan cahaya matahari
3.      Predasi / predatorisme adalah pola interaksi dimana hewan yang satu memangsa hewan yang lainnya . Yang memangsa disebut predator .
4.      Simbiosis adalah hubungan yang erat antara dua organisme berbeda spesies yang hidup bersama
a.     Mutualisme adalah hubungan yang saling menguntungkan antara dua spesies organisme yang hidup bersama
b.     Parasitisme adalah hubungan antara dua organisme berbeda spesies dimana salah satu pihak diuntungkan dan pihak lain dirugikan . Yang diuntungkan adalah parasit dan yang dirugikan adalah inang .
c.     Komensalisme adalah hubungan dua spesies organisme dimana satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan . Pihak yang diuntungkan adalah komensal .
                                                                       v.      Semakin jauh jarak transfr energi , maka aliran energi semakin kecil. Maka ekosistem boros energi. Tidak ada daur energi
1.      Dari seluruh energi matahari yang diserap produser , hanya 1 % yang dapat diubah menjadi energi kimia
2.      Dari rantai makanan , hanya 10 % energy yang dapat dimanfaatkan makhluk dalam spesies berikutnya . Sisanya terbuang dalam bntuk panas .
                                                                      vi.      Konsumen puncak rawan punah
                                                                    vii.      Piramida ekologi terdiri dari :
1.      Piramida jumlah menyatakan jumalh organisme tiap tingkat trofik .
2.      Piramida massa menyatakan massa total organisme tiap tingkat trofik
3.      Piramida energi menyatakan total energi yang dikandung tiap tingkat organisme .




Yang Terbaru dari Blog Ini!

Daftar Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP--Kurikulum 2013 Revisi

Daftar Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Kurikulum 2013 Revis Berdasarkan Buku Terbitan Puskurbuk Balitbang Kemdikbud (https://bu...